Skandal, grup band alternative/indie rock/power pop asal Yogyakarta baru saja merilis materi teranyar mereka yang berbentuk EP berisikan 4 lagu dengan judul “Dengar” pada Kamis (18/4), sebagai pengantar untuk album penuh mendatang mereka, “Melodi”, yang direncanakan rilis tahun ini juga.

Mini album “Dengar” dari grup band Skandal terdiri dari empat lagu yang nantinya juga akan hadir di album penuh mereka. Keempat trek tersebut masing-masing berjudul “Dengar”, “Mimpi”; single pertama yang sudah rilis terlebih dulu, “Sudah”, dan “Utara”; yang menjadi focus track pada EP kali ini.

Menurut siaran pers, alasan pemilihan keempat lagu yang ada di sini mampu memberi sedikit gambaran soal album penuh mereka yang berfokus pada merayakan dualitas dalam hidup.

“Bisa dibilang, empat lagu di EP ini vibe-nya ada yang joyful, ada yang melankolis, menggambarkan perasaan gembira, menggambarkan kalau sedang sedih, reflektif, dan sebagainya. Dualitas dalam hidup tersebut yang coba kami kami rayakan,” ujar Siddha, vokalis sekaligus penulis lirik dalam trek “Dengar” dan “Mimpi”.

Dua lagu lainnya di EP Dengar, yaitu “Sudah” dan “Utara”, liriknya ditulis oleh gitaris Robertus Febrian Valentino yang juga berperan sebagai penyanyi utama di keduanya.

Berbicara mengenai lagu “Utara”, Robert menjelaskan kalau lagu tersebut adalah soal merayakan hidup dan keberhasilannya untuk keluar dari kesendirian. “Terinspirasi dari pertemuanku dengan banyak orang, mulai dari teman-teman dan orang-orang baru yang akhirnya jadi temen di sebuah tempat di daerah Plemburan, di bagian utara kota Jogja yang selama setahun belakangan sering aku kunjungi. Lagu ini bisa dibilang soal bagaimana aku ingin bahwa perasaan nyaman ketika bertemu mereka itu tidak hanya perasaan yang temporer, karena itu one of the best feelings,” paparnya. “Kalau dingat-ingat lagi, kayaknya ini adalah salah satu lagu di album yang paling cepat proses penulisan dan penggarapannya,” tambah Robert sebagai penulis utama lagunya.

Skandal Band - Personnel

Secara musik bisa dibilang tidak ada yang baru dari EP ini baik untuk band Skandal ataupun ranah musik kita, cuman kami tetap sangat senang mendengarnya. Konteks bahasan yang bisa dibilang membuat pendengarnya ter-resonate dengan mudah dan mood musik indie rock simple yang bisa didengar di mana saja dan kapan saja tentunya auto masuk playlist menyetir kami sehari-hari. Mulai dari trek “Utara” yang menunjukkan eksplorasi Skandal sebagai band di spektrum indie rock dan pop rock ke style yang lebih bright, melodic, serta jangly, tanpa meninggalkan hook yang sudah jadi ciri khas musik mereka. Di sisi lain, dua lagu seperti “Dengar” dan “Sudah”; sebuah ballad yang kental pengaruh musik ’90s slowcore dan dibawakan hanya dengan gitar kopong, mampu menunjukan sisi sentimentil grup dengan style yang terasa sedikit lebih “gelap”.

Selain dari segi musik, hal menarik dari EP ini juga terdapat pada artwork-nya yang menampilkan anjing milik Teguh Wicaksono (Krapela, Sounds From the Corner, Archipelago Festival) bernama Bogel yang debut dalam dunia modelingnya.

EP “Dengar” sudah bisa didengarkan di berbagai kanal musik digital, selamat ya Skandal dan semoga lancar sampai album penuhnya rilis!

Simak artikel-artikel lain dari kami di sini, Junkies!

Penulis: Frey Karensa

Editor: Naufal Aulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here