Loading

PAMERAN BINAR: KARYA, KRIYA, KULINER, DAN SENI MEJENG

Oleh Rian Sting

Selasar Sunaryo dibuat cukup ramai dan meriah beberapa waktu kemarin. Pasalnya, muda-mudi kriya Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan pameran bertajuk kriya eksperimental. Sebuah pameran unik dan jelas memiliki daya tarik tersendiri dibanding kegiatan-kegiatan pameran yang biasanya gitu-gitu aja.

Pameran yang berlangsung selama 3 hari (29-31 Maret 2019) menyuguhkan ragam karya seni tak biasa. Satu dari beberapa hal yang tak biasa ini adalah fashion show yang menggunakan makhluk unggas sebagai peraganya. Dan ini adalah salahsatu esensi ‘pamer’ sesungguhnya dari sebuah pameran, pamer sensasi, setidaknya itu yang berhasil digagas dari para mahasiswa kreatif kriya ITB.

Dalam kegiatan pameran tersebut juga panitia menghadirkan beberapa pembicara ahli dalam urusan kriya dan karya. Turut diundang beberapa nama seperti Erik Pauhrizi, seniman Bumi Priangan, Eko Nurseto, ahli antropologi Unpad, dan juga Yan-yan Sunarya, expertise batik nusantara. Pengunjung, penikmat, dan juga pengamat sedikit-banyak tercerahkan dari kuliah santai yang mereka bawakan.

Belum beres darisana, pengunjung masih disuguhkan karya-karya otentik di ruang workshop. Tak cuma satu-dua benda seni yang dipamerkan, melainkan belasan. Salahsatu yang menarik perhatian adalah sebuah kolase manusia tanah jawa yang dibuat dari bahan makanan, yaitu sosis solo.

Tak hanya kolase, banyak pilihan benda seni untuk dimahar (ya, semua benda seni di pameran ini diperjualbelikan)

Belum cukup pamer benda seni, Muda-mudi kriya ITB juga rupanya ahli pamer kemampuan memasak. Mahasiswa/i doyan pamer ini menyuguhkan mulai dari Mie Kocok, Bajigur, Crepes, dan raja terakhir, gehu (akronim dari toge jeung tahu, bukan toge yang konotasinya porno).

Sama seperti gigs musik, Pameran Binar adalah kegiatan berkala yg diselenggarakan setiap tahun. Dan Pameran Binar cocok untuk cuci mata bagi yang doyan mentengin karya seni, makan-makan, dan/atau ngeliatin cewek-cewek bening (sumpah, banyak!).
Sampai jumpa di Pameran Binar tahun depan~

Instagram

Listen on Spotify

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

You May Also Like

Shopping Basket