Pandemi yang lalu, semua dihadapkan pada situasi yang tak menentu dan nampaknya seperti tidak ada akhir. Beberapa gerai makanan/minuman satu per satu menutup gerai karena tidak bisa beradaptasi. Beberapa gerai lainnya bermunculan karena melihat adanya peluang baru. Alih-alih adanya New Normal atau segala jenis singkatan pembatasan, hal itu justru menjadi bukti bahwa pandemi memberikan dampak terbesar, khususnya pada interaksi manusia secara fisik. Coffee shop, cafe, atau restoran yang sebelumnya menjadi ruang interaksi fisik, mendadak lengang dan kehilangan eksistensinya. Di sisi lain, meningkatnya online food & beverage business membuka jalan baru bagi tenaga-tenaga kerja kreatif untuk mengkomersil-kan karyanya.

Kami berkesempatan untuk berbincang dengan Aftertaste mengenai food photography dan pentingnya peran mereka bagi penggiat bisnis.

1. Jadi, Aftertaste itu apa?

Aftertaste adalah food photography service, yang berdiri sejak tahun 2018 di Bandung.

2. Gimana awalnya punya ide untuk ngebentuk PH khusus di bidang makanan?

Ide awalnya terbentuk Aftertaste karena pada dasarnya kita yang memang hobby foto dan suka makan. Kemudian, di pertengahan tahun 2018, Aldi ngajakin untuk ikut banu ngebuat Aftertaste. Setelah memegang beberapa client dan bantu-bantu teman, gak disangka ternyata seru juga untuk dijadikan serius di food photography. Sampai akhirnya sampai tahun 2021 kita bisa berjalan dan membentuk tim kecil. Jadi saat ini itu aftertaste ada Adi putra, Aldiansyah dan Sandy.

3. Hal apa yang coba disampaikan dalam food photography terhadap audience?

Sebenernya kalau untuk beberapa chef/client, ada menu yang personal atau ada cerita di balik proses menu yang dibuat. Entah itu dari bahan-bahan makanannya atau proses pembuatan nya. Jadi dari foto yang kami hasilkan, kami sangat berusaha untuk bisa menceritakan apa yang sudah dilalui untuk membuat sebuah menu tersebut dari sudut pandang food photography.

4. Hal apa saja yang perlu dipertimbangan dalam Food Photography?

Sebetulnya, selama pengalaman foto makanan yang harus diperhatikan itu adalah kesiapan sebuah menu dan komponen yang ada di piring tersebut. Contohnya, piring harus bersih tidak ada kotoran, semua recipe yang sudah di buat dalam sebuah menu harus masuk. Ditambah lagi karena makanan itu beragam dari makanan yang berwarna gelap dan terang, jadi harus lebih teliti dari set dan settingan lampu agar makanan yang kita foto itu terlihat seperti yang diinginkan.

5. Elemen apa saja yang bisa menjadi pembeda dalam foto makanan agar terlihat lebih menarik?

Sebenarnya, food photography saat ini sudah semakin banyak, sebut saja dari blogger/food blogger yang mempunyai kualitas foto dan hasil foto makanan yang sangat bagus. Untuk gear yang digunakan pun ada aja dari mereka yang lebih bagus dari kita. Mungkin yang bisa membedakan food photography saat ini bisa dilihat dari reference, dan tone warnanya mungkin ya.

6. Salah satu hal paling sulit dalam ‘Food Photography’ adalah benda mati dan kemungkinan bentuk/warna makanan yang kurang menarik, bagaimana kalian menyikapi hal tersebut?

Sebetulnya kalo secara pribadi bentuk dan warna memang kadang jadi masalah entah itu disaat produksi atau post produksi. Tapi selama makanannya bisa dan dimakan enak ga ada masalah sih

7. Menurut kalian seberapa penting hasil foto makanan yang baik terhadap perhatian customer?

Hasil akhir sangat penting kalau untuk Aftertaste karena selain service kami, kualitas dari hasil akhir foto jadi salah satu hal yang kita prioritaskan. Karena semua kembali ke cara penyajian visual kami, kita mencoba untuk memenuhi ketertarikan itu sendiri, salah satunya yaitu melalui penglihatan. Maka dari itu apa yang client liat di hasil akhir adalah hasil yg sudah kami proses untuk menjadi hasil yang terbaik.

8. Apakah saat ini foto produk yang ‘catchy’ sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh pegiat fnb? Kenapa?

Menurut kita pribadi, foto yang bagus untuk sebuah brand FnB sangat penting, karena selain membuat foto produk makanan semakin menarik untuk di coba, setiap brand FnB punya keinginan sendiri untuk visual yg diinginkan. Jadi menurut kita penting untuk visual yang catchy bagi brand FnB dimanapun.

Merayakan setiap warna dan tekstur dari setiap produk makanan menjadi lebih menarik menjadi catatan penting bagi mereka yang bergerak di bidang FnB. Terlebih, mengambil foto makanan yang bagus adalah keterampilan yang belum tentu bisa dilakukan sembarang orang.

Instagram: @aftertaste.___

Simak artikel-artikel lain dari kami di sini, Junkies!