Loading

[INTERVIEW] FEEL KOPLO: AWAS! INI KOPLO BUKAN SEMBARANG KOPLO

Ranah skena lagi-lagi gak ada habisnya. Hal yang menarik, setelah DISKORIA SELEKTA yang mempunyai tujuan mempopulerkan kembali lagu-lagu Indonesia di tempat klabing, kali ini hadir FEEL KOPLO dengan sentuhan magical koplofy nya mampu menghipnotis dede-dede Indie doyan ngeksis yang tak lagi minder ketika memposting Instastories dengan backsound musik koplo.

Dimulai tahun 2018 secara tidak sengaja dan mempunyai misi menghapus stigma bahwa mendengarkan  musik dangdut adalah hal yang memalukan, Feel Koplo tampaknya sukses melakukan misi itu, sebagai contoh mereka mendapatkan respon positif dari band luar negeri bahkan band punk yang terkenal menyeramkan luluh dengan karya mereka.


Simak hasil wawancara salahsatu oknum junkie, Herry Ginanjar dengan dua pemuda asal Bandung ini.

******

Herry: Perkenalan dong siapa aja kalian?

IKSAN: saya Iksan suka dipanggil Tempe,  punya orkes dangdut namaya SYMPHONI POLYPONIC

TENDY: saya tendy, saya introvert. Hahaha.

H: Pertanyaan pertama mendasar, awal mulanya bisa jadi Feel Koplo itu gimana?

I: Awalnya, sih,  dari ke tidak sengajaan saya yang disuruh jadi disc jokey selector todong oleh JUNKS RADIO buat bikin rame booth aktivasi mereka di salah satu festival musik di Bandung. Meski gak punya basic DJ dan punya alasan yang paling masuk akal yaitu biar bisa nonton festival musik gratis, akhirnya dengan berat hati saya memberanikan diri untuk tampil dengan cara yang gak biasa, saya yang punya kesenangan  lagu dangdut akhirnya mencari lagu-lagu yang mempunyai beat-beat dangdut seperti KOPLO dan BREAKBEAT, lalu dibikin tuh playlist dan pede aja muter playlist itu, eh, ternyata seru sampe ditegor sama panitia karena bikin gaduh band yang lagi perform hahaha. Dari situ pas mau tidur kepikiran pengen bikin project ini, kemudian besoknya pas mau ngambil izajah ke kampus ketemu si Tendi.

T: Iya saya tuh dulu sempet nge-produce lagu-lagu techno tapi vakum lama pisan. Eh ketemu si Iksan dan nanya  “Ten, bisa gak nge-remix lagu-lagu anti mainstream atau lagu indie jadi dangdut koplo?” saya jawab bisa, karena antusias besoknya hasil remix-an sayajadi dan lagu pertama yang dibikin tuh dari TEN2FIVE. Alasan si Iksan pilih lagu anti mainstream atau lagu-lagu indie juga karena kalo lagu Top 40 di daerah Jatim atau Jateng juga udah ada.

H: Kalo diperhatiin dari awal, FEEL KOPLO tuh Cuma satu orang, eh ada Tendy ternyata. Jadi sebenernya FEEL KOPLO berdua tuh tugasnya masing-masing apa aja?

T: Saya sih lebih dibelakang panggungnya, kaya bikin remix ngatur set list dan lain-lain.

I: Nah, iya. Kalo digambarin secara general Tendy bagian musik dan saya bagian visual, kalo saya yang bikin rame dipanggung dan bikin video yang ada di Youtube itu tuh ngedit visual-visual videonya sama saya. Pas manggung pertama juga gitu kan, Tendy bagian ngatur flow dan saya garda depan biar yang nonton lebih rame lah.

H: Terus, manggung pertama kalian di event mana dan respon dari orang-orang gimana?

I: Panggung pertama juga karena diajakin dari event temen, Namanya PESTA RAKYAT, hasil videonya cobain masukin youtube, eh, responnya bagus pisan ternyata datangnya gak cuma dari Bandung, tapi dari luar kota juga. Terus event selanjutnya diajakin deh sama KOLEKTIP NGAWUR, kebetulan satu panggung sama THE PANTURAS,ya…. sekalian aja remix lagu mereka. Dari 2 event itu, masukin youtube, dan the power of medsos ternyata responnya “gila”, sampe sekarang akhirnya bisa main di club-club “gaul” Bandung, padahal kita teh sempet mau perform disana tapi ditolak mentah-mentah karena takut image club nya jelek padahal mah kita bukan dangdut yang sembarang dangdut, hahaha. Dan kita juga pengen bawa pesan biar anak muda sekarang gak malu buat dengerin dangdut dengan alasan bahwasanya dangdut is the music of my country.

T: Betul! Lama-lama kita juga jadi gamau pake lagu-lagu remix-an hasil orang lain, kita mah bawain dan remix lagu yang kita suka aja. Itu sih yang coba FEEL KOPLO terapin.

H: Nyinggung masalah remix, nih, ya. Pengerjaan atau proses bikin remix dari sebuah lagu itu lama gak? terus, seberapa besar susahnya?

T: Jadi kalo pengerjaan remix itu tergantung mood sebenernya, malah lagu everytime punya BOY PABLO bikinnya dua jam sebelum manggung hahaha, tapi ada juga lagu yang bikinnya berminggu-minggu karena rasa malas melanda. Kalo bicara susah atau gak nya itu, sih, variatif  tergantung lagunya misalkan nyari part-part mana aja, nih, yang enak dimasukin feel koplonya.

H: Lagu-lagu yang udah kalian remix ada apa aja? Terus respon dari yang punya lagu gimana?

I: Hasil lagu yang udah kita remix ada dari: John mayer, Feast, Closehead, dan band punk Tcukimay. Respon dari mereka positif semua sih. kalo dari talent luar negri ada keyboardis BOY PABLO komen di postingan feel koplo bilang “you guys awesome” & ada dari FUR repost instastories pribadi dengan tulisan “someone explain to me, pelase!” lalu, sama kita di DM dan mereka dan bales “all good” kalo dari lokal ada TCUKIMAY dan CLOSEHEAD

H: Jadi, kira-kira lagu yang udah dibikin sama FEEL KOPLO berapa lagu?

T: Setlist kita udah bikin lebih dari 50 lagu, tapi kita juga pilih-pilih setlist lagu sih untuk diputer karena ga semua penonton atau yang ngundang kita suka dengan semua lagu yang kita remix. Kaya waktu ada pensi SMA kita bawain lagu EMO koplo mereka diem-diem aja hahaha.

H: Urusan manggung, kalian tuh sekarang udah manggung dimana aja?

I: Wah alhamdulilah sih  sekarang kita banyak panggilan manggung, udah ke Malang, Bekasi, & Jakarta. Udah rame lah.

H: Kalau pengalaman manggung sampai sekarang yang paling keinget dimana ya?

I: Di Ding dong Bar, Jakarta. Di Acara itu juga ada anak-anak Ruru radio dan kagetnya sampai over capacity, karena promonya yang rame juga sih dibantu sama akun-akun shitposting. Disitu kita ada kejadian lucu, Feel Koplo disangka dari Jakarta hahaha.

H: Manggung udah sering, berarti sekarang udah ada manager dan lain-lain dong?

T: Kita udah ada manager dan roadman nyambil videographer. ya  meski penampilan dan konten kita humor tapi kalo profesionalitas mah harus.

H: Ada permintaan aneh-aneh gak kalo ngundang Feel koplo?

I: Gak aneh-aneh sih kita mah dan semoga aja gak ada, karena kita juga pernah jadi LO pas SMA dan ngerasain  gimana ribetnya. Paling kalo permintaan khusus cuma minuman kopi kaleng  yang ada di minimart.

H: Setelah manggung sana-sini, pasti dong ada bosennya. ada yang mau dirilis lagi kah sekarang atau ada info-info lain dari Feel Koplo?

T: Banyak banget yang mau dibikin, kayanya bulan puasa sambil khusu ibadah sambil nabung bikin karya. Baru deh abis lebaran dikeluarin, Selain itu kita juga pengen bikin original remake lagu dengan izin ke yang punya lagunya.

H: Kalo Junkie mau dengerin karya remix kalian dimana?

I: Ada di Youtube kita dan kalo yang lebih lengkap mah dateng aja ke event yang ada kita nya, nanti gratis foto sama aku, haha

*****

Nah buat Junkie yang penasaran dengan mereka bisa langsung ke Instagramnya @feelkoplo atau mau nikmatin karya mereka bisa melalui link youtube: https://www.youtube.com/channel/UCQ0LleJBqq9okslRZbAAX2A #SalamKoplofy #AwasDangdut

Instagram

Listen on Spotify

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

You May Also Like

Shopping Basket