Gelap, Romantik dan tetap Enerjik adalah tiga kata yang dapat menggambarkan keseluruhan musik yang dikeluarkan Goodnight Electric per tahun 2020 kemarin. Setelah pada bulan Mei silam merilis album yang berjudul “Misteria” dan memuat sebanyak 8 lagu, akhir tahun 2020 lalu GE berhasil menutup tahun dengan gelap dan satir setelah merilis single “TAMAT”. 

Di tengah wabah Covid-19, Goodnight Electric justru kembali aktif memproduksi lagu anyar setelah sempat memutuskan rehat beberapa tahun. Memberikan sedikit banyak eksplorasi pada gitar, bass, dan modular synthesizer, GE yang digawangi oleh Hendry Foundation, Bondi Goodboy, Oom Leo mulai intens untuk menggunakan bahasa indonesia pada keseluruhan lirik yang dimulai sejak perilisan single “VCR” dan “Erotika”. 

Dalam single ini, untuk pertama kalinya Priscilla Jamail mendapat kesempatan untuk mengisi porsi vokal dengan penuh. Sempat eksis dan manggung beberapa kali di Monday Math Class bersama Arjo (The Adams), Priscilla mengisi sekaligus memperkuat formasi awal GE setelah mengisi backing vokal untuk VCR dan Erotika. Kehadiran Priscilla Jamail bukan hanya mewarnai Goodnight Electric dalam bentuk suara, namun tentunya secara visual. Tanpa mengurangi rasa hormat, Priscilla memang menjadi magnet untuk menggaet pendengar-pendengar baru yang sebelumnya (mungkin) belum pernah mendengarkan Goodnight Electric. Sisi positifnya, khalayak dapat diperkenalkan oleh musik-musik new wave ala Goodnight Electric, alasannya sih bisa karena emang suka musiknya atau sekadar ingin liat Priscilla aja, urusan masing-masing kalo itu.

Tamat adalah single penutup tahun sekaligus single pembuka untuk lembaran baru lainnya dari Goodnight Electric setelah album Misteria. Ya, walaupun secara nuansa masih memberikan mood lagu yang serupa dengan lagu-lagu di album terakhir, tapi TAMAT bernuansa lebih gelap dan dapat dikatakan berhasil mencerminkan situasi tahun 2020 lalu.

Makna dibalik lagu “TAMAT bisa menjadi sebuah tanda ucapan selamat yang satir kepada tahun 2020 yang sukses memporak porandakan keadaan.” terang Goodnight Electric. Tamat adalah ungkapan kesedihan, kekecewaan, dan keputusasaan yang ditulis dan direkam pada situasi dan kondisi yang tak menentu.

TAMAT

Di Penghujung Tahun

Porak Poranda

Menutup Mata

Selamat Malam

Niat Tertidur

Malah Terjaga

Ingat Yang Tiada

Hilang Gembira

Bila Ini Saatnya

Bila Ini Akhirnya

Tamat

Senyum Yang Binasa

Habislah Percuma

Ratusan Masa

Tak Berharap Bilang

Selamat Jalan

Cukup Serius

Lebam Semalam

Luluh Lantak Semua

Sekejap Saja

Bila Ini Saatnya

Bila Ini Akhirnya

Tamat

Senyum Yang Binasa

Tamat

Semuanya Luar Biasa

Walau terdengar pesimis namun aransemen dan mood pada single ini memberikan muka serta perasaan baru saat mendengarkan lagu Goodnight Electric, yang tentunya gaakan kita dapetin di album “Love and Turbo Action” atau lainnya. Kedatangan Vincent, Hans, dan Priscilla menurut saya pribadi adalah angin segar bagi Goodnight Electric.

(21/01/20) kemarin TAMAT resmi lahir dalam format music video di platform Youtube, dan rasanya tidak ingin ‘Tamat’ untuk nonton mbak Priscil.

Simak artikel-artikel lain dari kami di sini, Junkies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here