Debut album Dongker yang dinanti-nantikan akhirnya telah rilis. Album dengan judul “Ceriwis Necis” hadir dengan 17 lagu dan 17 video visual yang sudah dirilis pada 24 Mei 2024 lalu. Secara garis besar album ini menarasikan tentang “Bagaimana kekuasaan mengintimidasi ruang personal yang rapuh dengan berbagai cerita personal mendetail yang dialami tiap personil. 

Mayoritas lagu yang dirilis merupakan kisah yang dialami oleh personil, namun ada satu lagu dengan judul yang memuat impresi lirik sedih yaitu “Kau Si Lagu Sedih” adalah satu-satunya lagu Dongker yang menceritakan kisah diluar Dongker. Menceritakan tentang pengalaman Delpi menemani temannya saat istrinya meninggal.

Pada segi visual, album ini dikerjakan oleh Aurora Arazzi. Ia merepresentasikan “Ceriwis Necis” dengan objek keseharian yang sering ditemukan di jalan: kerucut lalu linta, pembatas jalan, lampu jalan, panel listrik, & jendela gedung. Objek-objek tersebut dipotong ke lembaran kertas kalkir yang kemudian ditumpuk dan di pindai menggunakan mesin.

Setelah dirilisnya album ini, Dongker merencanakan 2 agenda besar. Tur Indonesia di bulan Juni-Juli & Showcase Album di bulan November nanti. Versi fisik dari album “Ceriwis Necis” akan dirilis 2 kali: Versi Kaset oleh Greedy Dust & Copyright Reserved pada bulan September & versi Vinyl oleh Disaster Records pada bulan November.

Album terbaru Dongker sudah dapat dinikmati di layanan musik favorit kalian, jangan lupa nonton penampilan Dongker di kota-kota kalian, dan tentunya biar semakin necis beli juga buah tangannya. Selamat atas karya terbarunya ya, Dongker!

Simak artikel-artikel lain dari kami di sini, Junkies!

Penulis: Ihsan Dhiya

Editor: Naufal Aulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here