Loading

“Bananach – Aphrodites” 1st Single

‘image caption’

Bananach resmi merilis single pertamanya dengan judul “Aphrodites”. Grup musik ini sendiri terbentuk di Bandung sejak 2014, namun sempat menghilang dari kancah musik dan kembali ke permukaan pada pertengahan 2017. Meskipun telah terjadi bongkar-pasang personil di tubuh Bananach, mereka tetap memilih salah satu lagu yang telah ditulis sejak awal mereka berdiri. Kini, formasi Bananach terdiri dari Karina pada vokal, Mojan dan Azni pada gitar, juga Fay di posisi drum. 

Kata Aphrodites yang dipilih sebagai judul single mereka ini mengingatkan kepada kita salah satu dewi kecantikan dari negeri Yunani. Judul tersebut merupakan bahasa satir yang ingin mereka kumandangan kepada para pendengarnya. Lirik yang feminim nan gahar bakal terdengar di setiap baitnya. “Aphrodites” adalah bentuk kritik mereka terhadap perempuan yang termakan konsumerisme tek-tek bengek merk dan berhala lainnya. 

Pada bait awal sang penulis lirik langsung melontarkan pertanyaan besar, “Hey, Leech!/ What is the point of being stupidest Aphrodite of all?”. Ditambah, “Where are the brains go? Did you put in your Givenchy purse?”. Bagi mereka, dengan fenomena yang terjadi – pada kaum hawa hari ini – adalah kecelakaan modernisasi yang tengah pesat berkembang. 

“Lagu ini tentang perempuan jaman sekarang yang hobinya ngomongin barang bermerk tapi diajak mikir gak bisa,” ujar sang vokalis. “yang dipikirin penampilan doang dan citra, gak mikirin perkembangan otak masing-masing” pungkasnya. 

Lalu, pasukan bermuatan feminis ini memperkuat karakternya di segi musik. Jika stigma yang berkembang di masyarakat umum bahwa perempuan feminim biasa memainkan musik dan geliat yang gemulai, tidak dengan Bananach. Musik mereka pada single kali ini kental dengan garage rock; post-punk era ’80an seperti Joey Division, Sonic Youth, dan kawan-kawan; hingga old school punk. Bahkan, pendengarnya akan sedikit dikejutkan dengan groove khas Black Sabbath walaupun sekilas di beberapa bagian drum. 

Personil: 
Vokal – Karina Sokowati 
Guitar – Moyann Ayu Larasati 
Guitar – Siti “Azni” Haznina 
Drum – Fairuz “Fay” Hasna 

Penulis : Bani Hakiki

Instagram

Listen on Spotify

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

You May Also Like

Shopping Basket